12 Jenis Bunga yang Populer untuk Pernikahan dengan Maknanya yang Terkandung

Jakarta, 08 Juni 2023 – Tidak dapat disangkal bahwa bunga adalah salah satu elemen terpenting dalam sebuah perayaan pernikahan. Bunga memiliki peran penting dalam menciptakan atmosfer yang hidup dalam acara pernikahan. Karena itu, pemilihan jenis bunga untuk buket pengantin atau dekorasi umumnya didasarkan pada tema yang diusung.

Selain keindahannya yang menawan, bunga juga sering digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan emosi kepada orang-orang tercinta. Oleh karena itu, setiap jenis bunga memiliki makna tersendiri yang membantu setiap orang dalam memilih bunga yang sesuai.

Berikut adalah 12 jenis bunga yang populer untuk pernikahan beserta makna yang terkandung di dalamnya.

1. Mawar

Tidak lengkap tanpa kehadiran bunga mawar sebagai pelengkap dalam buket pengantin atau dekorasi. Mawar, yang memiliki batang berduri dan aroma harum, melambangkan metafora kehidupan yang berakhir dengan kebahagiaan.

Berdasarkan warnanya, bunga mawar merah melambangkan cinta yang abadi, hubungan asmara yang indah, keindahan, dan keberanian, sedangkan mawar putih melambangkan permulaan yang baru dan kesucian. Mawar merah muda memiliki makna keanggunan dan kagum, sementara mawar jingga melambangkan semangat dan kegairahan yang menyala-nyala.

2. Peony

Peony terkenal dengan kelopak bunga yang besar dan mencolok. Warna bunga peony umumnya terdiri dari beragam nuansa, seperti putih, merah, jingga, kuning, ungu, dan merah muda. Bunga ini melambangkan kehidupan pernikahan yang bahagia, kehormatan, kemakmuran, dan menjadi representasi pribadi yang berkualitas bagi keluarga.

3. Baby’s Breath

Bunga jenis ini sering ditemukan dalam rangkaian bunga, boutonnières, latar belakang pelaminan, atau hiasan meja. Baby’s breath memiliki bunga berukuran kecil dengan warna putih. Biasanya dipadukan dengan bunga mawar, kapas, hidrangea, peony, dan lainnya. Baby’s breath melambangkan cinta abadi dan kemurnian hati.

4. Calla Lily

Calla lily memiliki bentuk bunga yang unik dengan kelopak yang menyerupai corong dan putik kuning cerah di bagian dalamnya. Buket pengantin yang dihiasi dengan calla lily memberikan kesan segar yang menawan.

Bunga ini melambangkan kemurnian, keindahan, dan kesetiaan sepanjang hidup. Dalam beberapa budaya, calla lily juga dianggap sebagai simbol kelahiran baru dan permulaan yang baru.

5. Bunga Matahari

Bunga matahari atau sunflower sudah umum dikenal oleh banyak orang. Bunga ini memiliki kelopak berwarna kuning cerah dan batang yang tinggi. Bunga matahari biasanya ditemukan di musim panas. Dalam budaya Tionghoa, bunga matahari diasosiasikan dengan keberuntungan, vitalitas, kecerdasan, dan kebahagiaan.

6. Aster

Bunga aster atau daisy memiliki kelopak kecil berwarna putih yang saling tumpang tindih di sekitar pusat kuning di tengahnya. Bunga daisy merupakan pilihan yang sempurna untuk melengkapi rangkaian bunga pengantin. Aster melambangkan kesetiaan cinta, kepolosan, dan ketulusan hati.

7. Anyelir

Salah satu bunga populer untuk pernikahan adalah anyelir atau carnation. Bunga ini berasal dari daerah Mediterania dan terkenal karena keindahannya. Anyelir hadir dalam berbagai warna, termasuk merah, putih, ungu, hijau, kuning, dan motif bergaris.

Anyelir merah muda melambangkan ungkapan “Aku tidak akan pernah melupakanmu.” Anyelir putih melambangkan cinta dan penghormatan terhadap pasangan.

8. Lavender

Bunga lavender memiliki cabang-cabang yang menyerupai semak belukar. Bagian atas batangnya memiliki bunga berwarna ungu dan biru keunguan. Aroma lavender dikenal dapat menenangkan hati dan pikiran. Selain itu, lavender juga melambangkan pernikahan yang bahagia, cinta abadi, dan kesuburan.

9. Anggrek

Keindahan bunga anggrek sulit untuk ditolak. Bunga ini memiliki bentuk oval memanjang dengan berbagai variasi warna. Anggrek melambangkan cinta, kemewahan, keindahan, dan kehormatan. Kehadiran anggrek dalam buket pengantin atau dekorasi memberikan kesan kemewahan dan glamor.

10. Wisteria

Bunga wisteria sering digunakan sebagai dekorasi pernikahan, baik untuk pintu masuk, centerpiece, lampu chandelier, maupun pelaminan. Cocok untuk pernikahan dengan tema garden party yang dihiasi dengan gugusan daun wisteria. Wisteria melambangkan kesuburan, kreativitas, dan umur yang panjang.

11. Tulip

Tulip melambangkan cinta yang penuh gairah. Tulip merah sangat populer dalam pernikahan dan melambangkan hubungan baru yang didasarkan pada cinta abadi. Tulip putih melambangkan pengampunan atau awal yang baru dalam hidup. Tulip kuning adalah pilihan yang ceria yang melambangkan harapan dan kemakmuran.

12. Krisan

Bunga krisan atau chrysanthemum juga sering ditemukan dalam rangkaian buket pengantin. Krisan memiliki variasi warna, seperti kuning, merah, putih, ungu, dan lainnya. Krisan melambangkan harapan akan umur yang panjang dan kebahagiaan yang melimpah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top